Dengan Praktek Fisika, Bikin Siswa Lebih Kreatif

By on March 31, 2017
praktek fisika

Siswi kelas X yang mengambil jurusan IPA yang berada di sekolah Madrasyah Aliyah Negeri 1 Serpong. Terlihat sedang sayik mengukur panjang pada sebuah pegas, yang mana mereka sedang melakukan praktek bidang fisika di kelas. Yang membuat belajar fisika tidak begitu tegang dan akan mudah dimengerti oleh sisiwa, dengan cara praktek pada sebuag benda.

Dimana kegiatan dalam praktek tersebut dibimbing lansung dengan Amna Hayati, yang merupakan guru Fisika di sekolah Madrasyah Aliyah Negeri 1 Serpong. Yang mana kegiatan ini bertujuan agar siswa dan siswi kela X IPA 5 lebih memahami mengenai pembahasan hukum Hooke dan diharapkan bisa menentukan konstanta yang terdapat di pegas dengan baik.

Hukum Hooke merupakan hukum atau ketentuan tentang gaya dalam bidang ilmu fisika, yang dapat terjadi karena adanya sifat elastisitas dari sebuah pir atau pegas. Dan bisa disimpulkan bahwa pertambahan panjang benda sebanding dengan besarnya gaya tarik.

praktek fisika

siswa yang terlihat sedang praktek fisika

“Dalam kegiatan praktek ini, saya mudah mengerti dan paham serta saya mampu menentukan yang terdapat di pegas,” ujar Tony.

Pengertian Hukum Hooke dan Elastisitas adalah dua istilah yang saling berhubungan. Untuk bisa memahami arti kata elastisitas, banyak orang yang sudah menganalogikan istilah tersebut terhadap suatu benda yang terbuat dari karet.

Yang pada dasarnya tidak semua benda yang memiliki bahan dasar karet bersifat elastis. Dengan itu kita bisa mengambil sebuah contoh karet gelang dan permen karet. Jika sebuah karet gelang ditarik, maka panjangnya terus bertambah hingga batas tertentu.

Jika tarikan dilepaskan panjang karet gelang dapat kembali seperti semula. Yang berbeda dengan permen karet, yang mana jika ditarik panjangnya dapat terus bertambah hingga batas tertentu. Dan jika tarikan itu dilepas maka karet tidak akan kembali seperti semula.

Maka dari itu, hal ini dapat terjadi karena karet gelang memiliki sifat yang elastis, sedangkan permen karet bersifat plastis. Tetapi, jika terus menerus karet gelang itu ditarik, adakalanya tidak dapat berbentuk seperti semula. Dimana sifat elastisnya sudah hilang. Dengan itu dibutuhkan tingkat kejelian yang tinggi untuk memberikan golongan mana benda yang bersifat elastis dan plastis.

Jadi, elastisitas dapat disimpulkan karena suatu benda yang mampu kembali kebentuk semula usai gaya pada benda itu dihilangkan. Yang membuat suatu benda tidak akan kembali dalam bentu awal, dikarenakan gaya yang diberikan terhadap benda sangat besar disebut juga dengan batas elastis.

Sedangkan hukum hooke sendiri adalah gagasan yang sudah dikenalkan oleh Robert Hoke yang meneliti hubungan antar gaya yang bekerja pada benda atau pegas elastis lainnya. Dimana benda itu bisa kembali ke bentuk awal atau tidak melampaui batas elastisirasnya.

hukum hooke

hukum hooke pada pegas

Kursus Fisika Mengenai Hukum Hooke di BSD

Jika kamu ingin memperdalam ilmu hukum hooke, ada tempat kursus fisika yang dapat membantu kamu menambah pengetahuan. Yang mana kamu bisa mendaftarkan diri di Geforce, BSD, kota Tangerang Selatan. Dimana sudah banyak siswa dan siswi yang mendapatkan banyak pengetahuan di sana.

Dengan itu kalian akan mengetahui benda apa saja yang terdapat di dalam hukum hooke, dengan cara pengukuran dan pertambahan di suatu benda tersebut. Maka dari itu segera daftarkan diri kalian untuk memberikan wawasan lebih luas dalam belajar fisika.

Tidak hanya hukun hooke saja, namun banyak materi-materi fisika yang akan kalian dapatkan dan dipelajari dengan mudah dan cepat. Yang mana tidak hanya bentuk soal, namun dalam prakteknya pun juga.

About Tatie Trust Property