Seniman Melukis Dengan Menggunakan Bahan Tanah Liat

By on April 26, 2017
lukisan tanah liat

Pada umumnya untuk membuayt lukisan biasanya menggunakan dengan cat di atas kanvas. Tapi, kini di tangan seniman yang bernama Zaenal Beta memiliki gaya yang sangat unik. Di membuat sebuah lukisan yang terdapat di kanvas dengan menggunakan tanah liat. Saat ini namanya sudah mendunia.

Berlumurnya tanah di tangan Zaenal Beta, yang begitu lincah menggoreskan di atas kanvas. Yang hanya memakai tanah liat dalam wadah yang tercampur dengan air, dimana pria yang berpostur tubuh kurus itu begitu lehai dalam membuat gambar dasar dengan tangan kosongnya. Semisalnya rerumputan, pepohanan, dan juga awan.

Dengan kegiatan melukis tersebut dia lakukan di studio miliknya yang berada di kompleks Banteng Fort Rotterdam, kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bangunan yang terdapat di benteng berdiri di atas yang luasnya sampai 3 hektar itu. Sang seniman tersebut berkarya dan juga memberikan belajar melukis bagi orang yang berada di sekitar.

zaenal sang seniman

zaenal seniman lukisan yang menggunakan bahan tanah liat

Zaenal Sempat Diragukan Sebagai Seniman

Sebelumnya, beberapa warga yang berada di tempat studionya itu meragukan Zaenal sebagai seorang pelukis. Karena, media yang di lukis olehnya bukan memakai, tetapi tanah liat. Dengan keunikannya itu membuat nama dan karya Zaenal menjadi besar, bahkan sampai ke mancanegara.

Ketika dijumpai dalam studionya, dengan ramah tamah sang seniman tersebut mengizinkan masuk kedalam bangunan yang lebih mirip sebuah aula. “Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke benteng untuk melihat-lihat karya saya. Siapa pun boleh mampir meski hanya untuk sekedar main dan mengobrol, apalagi jika belajar melukis,” ucap sang seniman.

Tidak lama kemudian, Zaenal pun mengambil sebuah cangkir yang terdapat tanah liat di dalamnya. Dan di campurinya dengan sedkit air, lalu menyaringnya agar mendpaakan karakter dari tanah liat tersebut agar warna di kanvas terlihat pas. Tangannya pun langsung dicelupkan sedikit kedalam cangkir yang berisis tanah liat.

Dia pun langsung memulai membuat sesuatu di kanvas tersebut, sekaligus memperlihatkan cara melukis dengan menggunakan bahan tanah liat. Dan Zaenal pun mulai mencertikan awal mula profesinya yang telah ditekuninya selama 36 tahun lamanya itu.

“Saat itu, saya memiliki ide untuk melukis dengan bahan tanah liat. Ketika itu saya masih belajar melukis, itu pun sempat mengalami kegagalan. Gambar yang saya buat pun jatuh ke tanah dan saat saya ingin membersihkannya, malah menjadi objek baru. Dengan itu saya melihat dari sebuah pola menjadi inspirasi,” ucapnnya.

Meski Zaenal sempat kursus melukis yang berada di BSD, kota Tangerang Selatan. Dia pun di tempat kursus melukis itu sudah cukup terkenal, dimana hasil karyanya pun sering dibuat pameran di tempat kursus tersebut. Pada sebelumnya, Zaenal belajar secara otodidak, lama kelamaan dirinya mencintai seni lukisan.

pelukis zaenal

zaenal yang sedang melukis di studionya

Zaenal Mulai Menekuni Teknik Melukis Tanah Liat

Ketika itu, di usia 20 tahun, Zaenal memiuliki tekad untuk terus memperdalam seni lukisan dengan menggunakan bahan tanah liat. Tanpa pedamping yang mahir, dia pun mempelajari teknik melukis dalam penggunaan tanah liat dengan otodidak. Meski dirinya haya tamatan sekolah menengah pertana (SMP) itu sesekali berdiskusi dengan para seniman laiinya, yang sebagian malah memberikan komentar begatif atas idenya tersebut.

Zaneal yang tidak patah arang untuk membuat hasil karya tanah liatnya, meski tahun demi tahun dia lalui. Hingga suatu hari seniman itu pun mulai frustasi karena dirinya menilai tidak merasa pas dengan kombinasi antara kanvas, kuas dan juga tanah liat. Kembali terjadi, tanpa di sengaja dia mendapatkan guratan tanah liat yang berada di kanvasnya. Yang menurutnya terlihat memiliki ciri khas dan unik.

About Tatie Trust Property